Tuesday, September 1, 2015

Resep Membuat Nugget Tempe Gurih dan Sederhana

Nugget Tempe merupakan salah satu olahan dari tempe yang kemudian dicetak menjadi nugget. Dulu sewaktu anak sulung saya masih sekolah TK, sudah jadi kebiasaan ketika mau berangkat sekolah kalau sarapan selalu minta nugget (nugget instan). Sebenarnya ini salah bundanya yang gak mau ribet, pinginnya masak yang praktis dan cepat. Ternyata setelah saya browsing, nugget instan kurang bagus untuk dikonsumsi. Dibalik kegurihan nugget instan yang kita sajikan untuk keluarga tercinta dirumah, ada hal yang patut kita waspadai, karena seringkali kita lupa akan bahayanya. Di dalam makanan instan banyak mengandung penyedap, belum lagi pengawet makanan agar bertahan dalam jangka waktu yang lama.

Mulailah saya bepikir, bagaimana kalau saya bikin nugget sendiri. Ya .. saya bikin nugget tempe. Awalnya sih coba-coba, Ee.. ternyata anak saya suka dan makannya lahap banget. Cara membuatnya sederhana, rasanya juga enak dan gurih tidak kalah sama nugget instan dan tentunya lebih ekonomis dan higienis.  Jangan  khawatir soal gizinya, karena makanan yang berbahan tempe dapat mempersingkat durasi diare akut serta mempercepat pertambahan berat badan setelah menderita satu episode diare akut, kenapa saya ulas kandungan gizi tempe yang satu ini, karena anak saya rentan sekali terkena diare, jadi dengan mengkonsumsi makanan yang berbahan tempe sangat membantu ketika anak saya terkena diare. Berikut adalah resep membuat nugget tempe  gurih beserta cara memasaknya .

Resep Nugget Tempe Gurih

Resep Membuat Nugget Tempe Gurih dan Sederhana

Bahan-bahan :
  • 500gr atau 3 papan tempe
  • 1 butir telur ayam
  • 200gr daging dada ayam (cincang halus)
  • Minyak goreng secukupnya

Bahan yang dihaluskan :
  • 4 siung bawang putih
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt gula pasir
  • ¼ pala
  • 1 sdt merica
  • ½ sdt kaldu instan (kalau tidak ada bisa pakai 1 butir kaldu blog)

Bahan untuk pelapis :
  • 1 putih telur, kocok
  • 100 gram tepung roti kasar

Cara Membuat :
  1. Kukus tempe terlebih dahulu hingga matang, lalu haluskan.
  2. Campurkan tempe yang sudah dihaluskan dengan ayam yang telah dicincang, bumbu halus dan telur,  aduk hingga rata sempurna.
  3. Potong nugget tempe sesuai selera (bisa dibentuk kotak, dadu atau menyamping)
  4. Celupkan nugget yang sudah dibentuk ke dalam putih telur yang sudah di kocok, lalu gulingkan ke dalam tepung roti kasar.
  5. Goreng di dalam minyak panas hingga matang dan berwarna kuning kecokelatan. Angkat dan sajikan.

Sekarang Si Kakak sudah punya adik, kebiasaan makan nugget tempe menular (emang penyakit menular, he.. he..) ke adiknya. Dan alkhamdullillah kedua anak saya sehat dan pintar, mungkin karena nugget tempe kali ya.. he..he..  Bagi yang ingin  membuat nugget tempe untuk buah hati tercinta bisa divariasikan dengan sayur sayuran atau rasa keju, selamat mencoba dan semoga bermanfaat!.
Baca juga  Resep Membuat Tempe Bacem Yang Legit dan Lezat untuk sajian istimewa keluarga anda.