Friday, October 16, 2015

Resep Membuat Donat Kentang Sederhana Enak Empuk Dan Lembut

Donat kentang siapa yang tidak suka dengan kudapan yang satu ini. Yaa.. Donat adalah makanan favorit keluargaku dan hampir  semua orang menyukai kue ini. Konon katanya donat berasal dari luar negeri tapi sangat popular di Indonesia. Donat yang paling umum adalah donat berbentuk cincin dengan lubang di tengah dan donat berbentuk bundar dengan variasi yang beraneka ragam. Donat cocok sekali dijadikan teman minum teh atau kopi kala anda bersantai, atau untuk bunda yang seringkali bingung dengan menu untuk bekal buah hati ke sekolah, donat sangat pas untuk bekal yang praktis dan lezat pastinya.

Bahan dasar membuat donat adalah tepung terigu, gula, telur dan mentega, tapi kali ini saya akan berbagi resep donat dengan menambahkan kentang pada adonan kuenya. Cara membuatnya gampang-gampang susah, jadi gampang dan tidak terlalu susah apabila tahu cara membuat kue donat yang benar. Oke! Kalau begitu ikuti panduan Resep Membuat Donat Kentang Sederhana dibawah ini.
 

Resep Membuat Donat Kentang Sederhana Enak Empuk Dan Lembut

Resep Membuat Donat Kentang Sederhana Enak Empuk Dan Lembut


Bahan-bahan :
  • ¼ Kg kentang
  • ½ Kg tepung terigu protein tinggi
  • 75 gram mentega
  • 100 gram gula halus, kurang manis? tambahkan
  • 4 butir kuning telur
  • 11 gram (1bungkus) ragi instan
  • 3 sdm susu bubuk full cream
  • 100 ml air dingin atau ½ gelas
  • 1 sdt garam
  • Minyak goreng

Cara membuat donat kentang :
  1. Rebus kentang hingga matang, kemudian haluskan kentang dengan cara ditumbuk atau diblender, lalu dinginkan. Pastikan kentang benar-benar halus merata.
  2. Campurkan tepung terigu, gula halus, susu bubuk dan ragi dalam satu wadah, aduk rata. Kemudian masukkan kentang halus dan kuning telur, aduk lagi adonan hingga rata.
  3. Tuangkan air dingin sedikit demi sedikit ke dalam adonan sambil diuleni hingga tercampur sempurna, tambahkan garam dan mentega sambil terus diuleni, untuk proses ini cukup memakan tenaga, lama menguleni adonan sekitar 10 menitan untuk menghasilkan  adonan yang benar-benar kalis. Setelah itu diamkan adonan selama 15 menit.
  4. Selanjutnya bagi adonan menjadi beberapa bagian, diamkan lagi sekitar 20 menitan agar adonan benar-benar mengembang.
  5. Setelah mengembang, bentuk adonan seperti donat yaitu terdapat lubang ditengahnya atau bentuk adonan sesuai selera anda.
  6. Dan yang terakhir, goreng adonan donat dalam api kecil dengan banyak minyak hingga matang dan warnanya berubah kecoklatan, angkat. Untuk mendapat lingkaran sempurna pada lubang donat, anda bisa menggunakan alat bantu seperti sumpit ketika menggoreng
  7. Untuk toping bisa anda kreasikan sendiri sesuai selera anda

Nah ! silahkan anda membuat donat kentang sendiri dirumah dengan instruksi diatas, dijamin pasti sukses dan soal rasa pasti yummy.. Yang perlu diperhatikan adalah jangan pernah mencampur ragi dengan air, mentega dan garam, karena ragi akan mati bila terkena cairan yang bersuhu tinggi yang menyebabkan adonan tidak mengembang. Selamat mencoba dan terima kasih.

Baca juga Resep Kue Cubit NCC Setengah Matang Empuk