Monday, December 14, 2015

Resep Membuat Kue Bolu Kukus Lembut Cantik Bak Bunga Mekar

Kue bolu kukus adalah penganan sehat yang berbahan dasar tepung terigu, telur dan gula yang dimatangkan dengan cara dikukus. Kue bolu kukus bisa menjadi pilihan untuk anda yang ingin berkreasi membuat aneka jenis kue tapi belum memiliki oven. Karena proses memasak kue basah ini tidak menggunakan oven seperti kue bolu panggang, tapi soal rasa kue bolu kukus tidak kalah kelezatannya dengan kue bolu panggang. Bentuk dari bolu kukus beraneka macam, dari yang dibuat dengan cup, berbentuk kotak atau juga bulat.
 
Tekstur dari kue bolu kukus yang empuk dan lembut serta warnanya yang menarik dan bentuknya yang cantik seperti bunga yang sedang mekar membuat kue ini mempunyai banyak penggemar. Kue bolu kukus bisa untuk sajian acara arisan atau ketika pertemuan keluarga. Untuk anda yang lagi punya hajat atau mengadakan acara syukuran, selamatan atau apalah istilahnya, biasanya tetangga atau kerabat yang kita undang mendapat bingkisan kue atau kalau di tempatku namanya “jajan berkat”, kue bolu kukus salah satu kue yang bisa menemani acara anda. Anda tertarik untuk membuatnya? Oke, kalau begitu ikuti panduan resep membuat kue bolu kukus lembut dibawah ini.

Kue Bolu Kukus Lembut


Resep Membuat Kue Bolu Kukus Lembut Cantik Bak Bunga Mekar


Bahan-bahan membuat kue bolu kukus:
  • 275 gram tepung terigu protein sedang
  • 2 butir telur
  • 200 gram gula pasir 
  • ½ sdt baking powder
  • ½ sdt vanili
  • 225 ml soda tawar
  • 2 sdt emulsifier, bisa starkis atau ovalet
  • Pewarna makanan, dengan 2 warna yang berbeda sesuai selera

Tips dan Cara membuat kue bolu kukus:
  1. Pertama ayak tepung terigu dan baking powder agar kue bolu kukus nantinya mempunyai tekstur yang lembut,  masukkan dalam satu wadah, tambahkan vanili lalu aduk sampai tercampur rata.
  2. Ambil wadah yang cukup besar, masukkan telur, gula pasir dan emulsifier, kocok menggunakan mixer dengan kecepatan agak tinggi hingga mengembang dan terasa kaku sekitar 10 menitan lalu kurangi kecepatan mixernya.
  3. Masukkan soda tawar ke dalam kocokan telur sedikit demi sedikit, terus kocok sampai adonan tercampur rata lalu matikan mixernya. Baiknya menggunakan air soda yang baru dibeli, karena jika soda sudah pernah dibuka dan menguap maka hasilnya kurang maksimal.
  4. Kemudian masukkan adonan tepung yang sudah diayak sedikit demi sedikit sampai habis sambil terus diaduk-aduk hingga tidak ada gumpalan. Pastikan semuanya sudah tercapur rata sempurna.
  5. Selanjutnya bagi adonan menjadi 3 bagian. Ambil 2 bagian adonan sedikit dan beri pewarna makanan, aduk-aduk sampai warnanya tercampur rata. Sisa 1 bagian adonan tanpa pewarna.
  6. Siapkan cetakan bolu kukus yang terbuat dari alumunium yang berlubang dan alasi dengan kertas roti yang mempunyai tinggi yang sama dengan cetakan.
  7. Sekarang, tuang adonan yang tanpa warna dulu untuk bagian bawahnya. Bagian atasnya beri adonan yang berwarna hingga bagian atas adonan sejajar dengan tinggi cetakan. Jika tidak sejajar akan berpengaruh pada hasil yang tidak mengembang.
  8. Panaskan panci kukusan sampai air dalam panci mendidih, kemudian masukkan cetakan kue ke dalam panci. Alasi bagian penutup panci dengan kain yang bersih dan tidak berwarna untuk menyerap air dari uap panasnya agar tidak kembali dan menetes pada kue yang dikukus. Permukaan yang basah pada kue bolu disebabkan oleh tetesan air pada penutup pancinya.
  9. Kukus sampai benar-benar matang sekitar 10 – 12 menitan . Sebaiknya jangan sesekali membuka penutup panci kukusan sebelum kue benar-benar matang. Untuk memastikan kematangannya bisa menggunakan lidi atau tusuk gigi, caranya dengan menusuk lidi pada adonan, jika pada lidi tidak ada adonan yang menempel itu berarti kue bolu dipastikan sudah matang.
  10. Jika kue sudah matang, angkat dan siap disajikan.

Yaa.. seperti itu resep dan tips membuat kue bolu kukus yang lembut dan cantik bak bunga mekar. Ada juga resep minuman tradisional bajigur dan bandrek yang wajib dicoba untuk menemani anda menikmati kue bolu kukus, yang pastinya akan semakin mantap. Selamat mencoba dan terima kasih.